Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Diam-Diam Seni Administrasi Toko Elektronik Sukses


7 Rahasia Strategi Toko Elektronik Sukses - Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang elektronik yang semakin canggih. Toko elektonik di jaman ini akan terus bertambah.

Kebutuhan elektronik untuk memudahkan insan terus dikembangkan, sehingga penjualan barang elektronik akan semakin bertambah dan Persaingan akan semakin ketat. Oleh lantaran itu penting bagi kita untuk mencari stratgi yang elok semoga toko yang kita kelola “tetap jaya”, ditengah persaingan yang semakin ketat.

Untuk kini ini meskipun toko yang kita punya mempunyai stok masih sedikit atau dengan kata lain toko masih kecil, kita bisa bersaing meskipun bersaing dengan toko besar. Dengan seni administrasi berikut ini mudah-mudahan anda sanggup citra bagaimana bersaing dengan cara sehat, tentunya.

Ada 7 diam-diam seni administrasi toko elektronik sukses yang bisa anda terapkan dalam rangka menggaet banyak kosumen semoga loyal. Sehingga omset akan semakin bertambah.

Srategi 1

Kita ambil pada seni administrasi pertama dari sudut pandang pembeli.

“Apa yang diharapkan seorang pembeli di sebuah toko?”

Sebenarnya pembeli tidak menilai sebuah toko elektronik hanya barang berkualitas saja namun, pada pelayanan dan keramahan.

Sebesar apapun toko elektronik, bila pelayanan kurang memuaskan maka dinilai akan semakin berkurangna pembeli yang loyal terhadap toko. Meskipun memang harganya sedikit lebih murah dibanding dengan toko lainya.

Berbanding terbalik bila pelayanan sebuah toko elektronik meskipun harganya lebih mahal namun pelayanan yang baik maka pembeli akan loyal.

Maka perbandingan kedua ciri khas toko tersebut akan cenderung sukses mempunyai pembeli loyal dengan cara pelayanan yang baik. Dengan begitu tidak tertutup kemungkinan bila semakin kesini toko yang pelayanan kurang baik akan kalah, meskipun harganya lebih murah.

Sedikit dongeng mengenai sebuah toko elektronik besar namun pelayanan tidak memuasakan. Tertuama pada kariyawan. Pada pelayanan penjualan mereka begitu sadi ketika melayani para pembeli, bahkan ketika ada pembeli, menawar sebuah barang mereka malah marah-marah. Saya sendiri geram terhadap toko tersebut. Apakah ini yang diajarka oleh boss mereka. Makara males bila harus perg ke toko itu lagi.

Makara selalu awsi kariyawan yang bekerja itu akan mengurangi dampk jelek dari kemalasan kariawan.


Strategi 2

Menjadi penjual yang paham produk

Seorang penjual harus paham produk yang dijual, kan gak lucu bila ada sesorang yang ingin membeli barang elektronik sedangkan ditanya mengenai kualitas dan fitur barang tidak paham hanya bilang kurang paham. Maka penjual menyerupai ini biasnya akan menciptakan seorang konsumen ragu. Karena seorang pembeli biasanya membandingkan antara harga mahal dan harga murah. Jika tidak paham maka seller akan gagal menjual produknya.

Jika seorang penjual menguasai materi produk ketika pembeli ada keraguan untuk membeli sebuah barang maka akan mempunyai opsi untuk mengatakan fitur pada sebuah produk lain yang lebih meyakinkan. 

Dalam hal ini mengelola sember daya insan sangat penting dilakukan pada ketika rekruitmen pekerja. Anda harus merekrut pekerja yang paham dibidangnya. Usahakan mereka yang mau berguru sebagai pelayan yang baik dan ramah, bisa menguasai materi penjualan.

Strategi 3

Jalin korelasi baik dengan pembeli semoga mereka loyal dengan toko kita.

Saat anda mempunyai kariyawan usahakan anda tetap menjalin hubungn baik dengan pengunjung yang datang. lantaran biasanya pelanggan akan lebih percaya pada pemilik toko daripada kariyawan. Perasaan seorang pembeli ketika dilayani oleh pemilik sendiri dan akrap dengan pemiliknya biasnaya akan lebih loyal. Tentu dalam hal ini pemilik juga harus mempunyai keterampilan sebagai seller yang baik contohnya paham kualitas barang dan harga produk yang dijual sehingga ketika ada penawaran akan mengerti menghandle harga minimum.



Strategi 4

Display bagus.

Pada sebuah toko bila dilihat dari luar penampilanya menarik dan terlihat penuh dengan barang maka orang akan tertarik. Jika sebuah toko terlihat dari luar kosong, dan terlihat sedikit barang, orang akan cenderung ragu untuk tiba ke toko. oleh lantaran itu tampilan pada sebuah toko elektronik pertama harus terlihat menarik ketika dilihat dari luar seakan didalam sebuah toko penuh banyak barang, dengan hal tersebut akan menarik pembeli untuk datang. Harus terlihat toko elektronik ketika dipinggir jalan orang lewat bisa mengenali bahwa ini yaitu sebuah toko elektronik bukan warung klontong.hehe,,!

Saya mengamati hal ini terjadi pada sebuah toko elektronik yang sepi pembeli. Setelah saya selidiki dan amati, ternyata memang letak toko tersebut tidak terlihat dari jalan raya lantaran letak ruko gak kedalam. Dan lebih parahnya lagi toko tersebut tidak mempunyai baner bahwa toko elektronik. Kemudian bila terlihat dari jalan raya toko tersebut hanya terlihat sedikit barang elektronik. Sehingga pembeli pun akan ragu bahkan untuk mendekat.



Strategi 5

Mencatat setiap kekurangan stok barang.

Hal ini sangat penting dilakukan terutama pada toko yang gres buka. Karena stok barang masih sedikit kemungkinan besar akan banyak kekurangan produk yang akan dijual, maka jadikan konsumen sebagai sarana melengkapi barang tersebut. Setiap ada pembeli yang mencari sebuah produk dan  stok ternyata belum ada anda wajib mencatatnya sebagai materi pertimbangan stok sebuah toko. Kemudian sebagai materi pertimbangan untuk menyetok barang yang mungkin banyak bertanya namun barang belum ada.

Atau berusaha mengadakan barang tersebut dalam beberapa waktu semoga pelanggan tiba ke toko anda kembali.

Salah satu alasan semoga konsumen percaya ada kalimat sakti yang digunakan oleh penjual yaitu. “stok lagi kosong” dan jangan bilang “tidak ada” kemudian sambung dengan “distributor belum tiba mungkin ada perubahan jadwal, kemeungknan akan tiba dalam waktu dekat”….kemudian berikan tempo semoga kita bisa mencarikan barang yang dibutuhkan. 

Semakin lengkap menjual kebutuhan elektronik maka toko akan semakin didatangi pembeli lantaran secara tidak pribadi hal ini mempengarughi seni administrasi marketing free.

Strategi 6

Promo

Memiliki reputasi baik, dengan toko lengkap pelayanan ramah ini merupakan sebuah marketing secara tidak pribadi menyebabkan imbas multiplayer. Ketika seorang konsumen puas dengan pelayanan sebuah toko maka biasanya akan merekomendasikan orang lain untuk membeli ke toko ia membeli barang. Jika di market online,, testimoni sebagai langkah marketing meyakinkan calon pembeli.

Sebuah toko tanpa promosi maka perkembangan akan sangat lembat meski stok barang komplit namun promo tidak digencarkan maka akan mengalami keusangan. lantaran stok barang elektronik hampir setiap bulan dan tahun akan terus bertambah dan berkembang sehingga stok lama akan akan lama dan peminatnya akn berkurang. Oleh lantaran itu promo basuh gudang harus diterapkan kepada produk lama.

Banyak jaaln untuk mempromosikan sebuah toko, untuk ketika ini bisa melalui marketing online. Selain itu juga ketika ini memanfaatkan internet terutama sosial media merupakan salah satu jalan ampuh mepromosikan bisnis anda. Promo berbayar tidak ada ruginya contohnya memakai fb ads atau memakai jasa adwords di google.

Strategi7
Memberikan kenyamana kepada konsumen

Strategi toko elektronik sukses ke 7 yaitu kenyamanan konsumen. Kenyamanan dalam artian bila seorang konsumen tiba ke sebuah toko harus dalam keadaan nyaman bahkan betah berlama-lama di toko untuk menentukan barang yang mereka butuhkan. Sebagai teladan kenyamanan.;

Parkir luas akan mimbulkan kenyamanan bagi pembeli. Karena ketika pembeli menentukan barang tidak galau memikirkan kendaraanya yang diparkir di daerah yang leluasa. Jika parkir dijalan biasanya para pembeli akan cenderung cepat-cepat dalam menentukan suatu barang yang dibutuhkan. Sehingga hal ini sering menjadikan konsumen berfikir dua kali bila ingin tiba lagi ketoko anda.

Transaksi aman. Sebagian barang elektronik mempunyai harga diatas satu juta, sehingga para pembeli tidak semuanya membawa uang cas, biasanya meraka memakai atm/ kartu kredit sebagai pilihan transaksi maka toko harus menyediakan  perangkat semoga keamanan konsumen dalam bertransaksi terjamin. misal via transfer atau menyediakan EDC.

BACA JUGA: Cara bagaiman memulai perjuangan toko elektronik modal minim

Dari 7 diam-diam seni administrasi toko elektronik sukses tersebut bisa anda maksimalkan meskipun toko yang kita punya hanya kecil namun dengan seni administrasi 7 tersebut maka efeknya kan jangka panjang. Konsumen loyal harus dipelihara sebagai seni administrasi memaksimalkan omset penjualan jangka panjang.

Anda harus selalu melihat sudut padang dari mata konsumen!!!! makarating untuk toko anda semakin baik. Selalu memperbaiki kesalahan, melengkapi kekurangan!!!


Strategi diatas bersumber dari banyak sekali pengalaman pernah bekerja dan menjadi karyawan disebuah toko elektronik. Toko kecil atau besar yang penting omset semakin bertambah, bukanya malah berkurang. Semoga mengatakan sebagai refrensi ketika anda mempunyai pertanyaan “mengapa toko elektronik sepi?” omset kian hari semakin menurun?
Sumber https://soldiradem.blogspot.com/