Cara Mengaktifkan Dan Memakai Remote Desktop Di Windows 10
Remote Desktop Protocol (RDP) untuk Windows memungkinkan anda untuk terhubung ke komputer manapun di network anda. Ini memungkinkan kanal ke file, dokumen, dan network resource pada setiap PC seperti anda duduk sempurna di depannya, terlepas dari lokasi.
Dalam artikel ini kita memakai Standard Edition dari Remote Desktop yang mempunyai semua fitur utama untuk terhubung ke komputer client. Jika anda membutuhkan sesuatu yang lebih berat, ada versi Enterprise berbayar untuk kebutuhan koneksi ibarat VPN.
Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, anda perlu memperhatikan semuanya ini. Untuk sanggup terhubung dengan komputer client, anda setidaknya memakai Windows 10 edisi Pro atau Enterprise. Di Windows 10 Pro sendiri sudah dilengkapi dengan software remote desktop client dan server bawaan sehingga kita tidak perlu menginstall aplikasi komplemen lagi.
Baiklah, kini kita akan memulainya. Mulailah dengan mengizinkan kanal ke workstation. Berikut ini ialah cara untuk men-setup Remote Desktop dengan Standar Edition.
Setup Remote Desktop Connection
1. Buka Control Panel - System & Security.
2. Di bawah System, pilih opsi Allow remote access.
3. Di tab Remote di jendela Sytem Properties yang muncul, pilih opsi Allow remote connections to this computer dimana secara default opsi ini tidak dipilih. Pastikan kotak Allow connections only from computers running Remote Desktop with Network Level Authentication diberi ceklist. Namun kalau komputer client yang ingin anda hubungkan memakai Windows OS versi usang (XP dan Vista) maka hapus ceklist pada opsi ini alasannya ialah tidak akan sanggup terhubungbung ke komputer ini.
4. Dilangkah selanjutnya, kalau anda masuk dengan memakai account dengan hak direktur maka secara default Remote Desktop anda sudah aktif dan sanggup digunakan.
5. Namun kalau tidak, anda harus mengklik tombol Select Users, diikuti oleh tombol Add.
6. Selanjutnya, kita akan menentukan pengguna yang akan mempunyai kanal ke Remote Manager. Masukkan username anda di bidang Enter the object name to select dan klik tombol Check Names. Ini akan menambahkan username dengan cara yang benar. Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
Catatan: Untuk mencabut izin pengguna untuk mengakses Remote Desktop, pilih akun pada langkah 5 dan 6, kemudian klik Advanced, pilih username kemudian pilih Remove.
Menghubungkan ke Remote Desktop Anda
Sekarang sesudah anda melaksanakan semua pekerjaan untuk mengatur Remote Desktop, anda hanya perlu memulai pada langkah ini setiap kali anda ingin mengakses komputer di jaringan anda.
1. Buka Remote Desktop Connection dengan mekan tombol Win + R kemudian ketik mstsc.exe dan tekan Enter. Anda juga sanggup mencarinya lewat Search atau di Start Menu.
2. Jendela Remote Desktop Connection akan muncul ibarat gambar di bawah ini dimana anda akan memasukkan IP address dan username komputer client anda. Klik Connect untuk menghubungkannya.
Sekian! Semoga sanggup membantu anda. Jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini untuk membuatkan anutan dan pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.
Sumber https://tipsorialindo.blogspot.com/