Cara Memperbaiki Mobile Data Tidak Sanggup Dipakai Di Android
Mobile data merupakan salah satu hal yang menjadi kebutuhan hidup begitu anda mempunyai smartphone. Ketika anda kehilangan konektivitas, anda gres akan menyadari bahwa anda tidak tahu dimana tujuan anda tanpa Google Maps, tidak sanggup melaksanakan transaksi online, dan tidak tahu bagaimana berkomunikasi dengan orang-orang melalui sosial media.
Ketika mobile data berhenti bekerja di Android, rasanya menyerupai dunia akan hancur. Berikut ialah beberapa tips ihwal cara mendapatkannya kembali.
1. Reset Network Connection Ponsel Anda
Perbaikan sederhana dan lebih manjur untuk data yang tidak berfungsi pada perangkat Android anda. Untuk melakukannya anda sanggup mengikuti langkah dibawah ini.
- Buka Settings app pada ponsel anda.
- Dihalaman setting, ketuk General Management.
- Kemudian ketuk Reset di halaman selanjutnya.
- Dihalaman Reset pilih Reset Network Settings.
- Dihalaman berikutnya ketuk Reset Settings. Saat anda mengtuk ini dan kalau diminta, masukkan PIN, kata sandi, atau tumpuan kunci anda untuk melanjutkan.
- Ketuk Reset Settings sekali lagi untuk konfirmasi.
2. Aktifkan Network Mode ke Yang Terbaik
Dimulai dengan solusi paling sederhana, ada kemungkinan bahwa selama update, atau hanya dalam pengaturan default ponsel, network mode (3G, 4G, dll) dari ponsel anda diatur ke yang tidak memperlihatkan jangkauan optimal.
Jika anda mempunyai ponsel 4G, misalnya, anda harus selalu memastikan 4G dipilih dalam network mode anda untuk menangkap sinyal 4G. Atau kalau ponsel anda bukan 4G tetapi anda menjalankan OS yang menampilkannya sebagai network mode (dengan rooting, misalnya), ponsel anda mungkin mencoba untuk terhubung ke sinyal 4G tetapi memang tidak sanggup terhubung.
Untuk mengubah ini merupakan hal yang sederhana. Buka Settings - Connections - Mobile network - Network mode, kemudian beralih ke network yang paling sesuai dengan ponsel anda. Karena ponsel saya 4G, saya memakai LTE/3G/2G (auto connect) sehingga selalu mencoba terhubung ke sinyal yang terbaik yang ada.
3. Lepas dan Masukkan Ulang SIM Card Anda
Beberapa orang akan menyarankan untuk melaksanakan perbaikkan menyerupai "reboot ponsel anda" dan "keluarkan dan masukkan kembali kartu SIM card." Ini gotong royong harus selalu menjadi solusi pertama ketika mencoba memperbaiki problem mobile data. Pilihan lain ialah menguji ponsel anda dengan SIM card lainnya untuk mengetahui apakah problem tersebut berasal dari ponsel atau kartu tersebut.
Ada juga sedikit trik ekstra untuk me-reboot ponsel anda yang sanggup membantu:
- Sebelum me-reboot, hidupkan Airplane Mode.
- Tunggu 30 detik, kemudian matikan Airplane Mode
- Jika anda masih belum mendapat sinyal data, nyalakan kembali Airplane Mode, kemudian matikan ponsel anda.
- Tunggu sebentar, kemudian nyalakan kembali ponsel anda.
- Matikan Airplane Mode, tunggu selama tiga puluh detik, kemudian nyalakan mobile data.
Jika masih gagal, maka coba perbaikan berikut ini.
4. Reset APN Anda
Access Point Names (APN) ialah sarana yang dipakai penyedia mobile network anda untuk menghubungkan ponsel anda ke Internet mobile. Ini mengatur telepon anda dengan semua pengaturan penting menyerupai alamat IP dan menjadi pintu masuk untuk (mudah-mudahan) menciptakan anda terhubung. Namun, proses ini adakala sanggup salah dan memerlukan reset. Berikut ini memperlihatkan cara melakukannya.
- Buka Settings - Connections - Mobile networks - Access point names.
- Anda harus melihat daftar APN (berpotensi dengan hanya ada satu network disini, kalau anda mempunyai 2 slot SIM card dan terpasang keduanya, berarti anda mempunyai dua network disini). Ketuk ikon menu (titik tiga) di kanan atas, kemudian ketuk Reset to default.
5. Masukkan Setting APN Anda Secara Manual
Ini insiden yang menyedihkan tetapi tidak jarang juga terjadi untuk pengaturan APN anda. Ini terjadi mungkin juga alasannya ialah update pada software Android anda, dan kalau reset standar tidak memperbaiki masalah, maka anda mungkin perlu memasukkan alamat APN anda secara manual.
- Buka registrasi APN anda di Settings - Connections - Mobile networks - Access point names.
- Disini, ketuk Add untuk menciptakan APN baru.
- Masukkan semua detail APN untuk network anda. Daftar pengaturan APN Indonesia ada disini.
- Save pengaturan APN gres anda.
- Pilih APN dari daftar pada perangkat anda.
6. Apakah Anda Memiliki Batas Mobile Data?
Setiap ponsel Android memungkinkan anda tetapkan batas dan peringatan mobile data anda dikala anda akan mencapai batas anda. Ini biasanya tidak diaktifkan secara default, tetapi mungkin anda tetapkan batas sebelumnya, telah meningkatkan tarif anda, dan lupa memperbarui batas mobile data anda. Untuk memeriksanya:
Itu dia, kunci untuk menciptakan anda kembali online ketika anda berpikir anda harus pergi ke kawasan servis untuk memperbaikinya hanya supaya sanggup berkomunikasi kembali dengan orang-orang.
Jika anda sudah mencoba semua hal di atas tetapi anda masih belum sanggup terhubung, maka anda harus membawanya ke servis center resmi ponsel anda untuk mengetahui kerusakannya atau juga mungkin anda harus menggantinya dengan SIM card baru.
Semoga membantu. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk membagi pengalaman dalan mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.
Setiap ponsel Android memungkinkan anda tetapkan batas dan peringatan mobile data anda dikala anda akan mencapai batas anda. Ini biasanya tidak diaktifkan secara default, tetapi mungkin anda tetapkan batas sebelumnya, telah meningkatkan tarif anda, dan lupa memperbarui batas mobile data anda. Untuk memeriksanya:
- Buka Settings - Connections - Data Usage.
- Anda akan melihat grafik yang memperlihatkan penggunaan data anda bersama dengan sejumlah pengaturan. Pastikan batas data anda dalam grafik sesuai dengan yang diizinkan jaringan anda dengan menyeret batas naik atau turun di grafik.
- Atau, anda sanggup mematikan semua batas data dengan menonaktifkan Data saver anda.
Itu dia, kunci untuk menciptakan anda kembali online ketika anda berpikir anda harus pergi ke kawasan servis untuk memperbaikinya hanya supaya sanggup berkomunikasi kembali dengan orang-orang.
Jika anda sudah mencoba semua hal di atas tetapi anda masih belum sanggup terhubung, maka anda harus membawanya ke servis center resmi ponsel anda untuk mengetahui kerusakannya atau juga mungkin anda harus menggantinya dengan SIM card baru.
Semoga membantu. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk membagi pengalaman dalan mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.
Sumber https://tipsorialindo.blogspot.com/