Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gcloud Solusi Inventory Bisnis Distribusi Dan Retail Ukm

Bukutansi Aplikasi Keuangan Bantu Pencatatan Bisnis Anda

Masalah yang ditemui adalah, terkadang untuk mengelola alur pengadaan barang hingga penjualan barang, tidaklah semudah yang difikirkan. Terutama kalau bisnis tersebut sudah menyentuh skala yang besar, tentu diharapkan teknologi pendukung biar nantinya kebutuhan inventory tetap bisa berjalan dengan baik.

Tanpa ada penunjang yang memonitor barang masuk dan keluar, pihak UKM akan kewalahan dikala sudah datang waktunya stock opname. Dari situlah pada tahun 2013, Adhika mulai menyebarkan layanan aplikasi gCloud.

Bermula Dari Skripsi

Terkait awal mula Andhika menyebarkan gCloud, gotong royong terinspirasi dari kiprah final atau skripsi ketika ia masih duduk di dingklik kuliah.

“Saat itu saya melihat banyak sekali UKM yang belum memakai teknologi untuk menunjang proses bisnisnya. Di sisi lain, ada banyak produk enterprise mirip SAP dan Oracle yang sudah niscaya tidak bisa dijangkau oleh para UKM,” kenangnya.

Tidak pribadi menyebarkan layana gCloud, layanan pertama yang menjadi cikal bakal layanan tersebut ialah Finabis. Finabis sendiri merupakan bisnis startup yang menyebarkan sistem enterprise resource planning (ERP) untuk bisnis kecil dan menegah.

Tantangan Usaha

Dalam menyebarkan perjuangan tersebut, tentunya Andika tetap harus menghadapi beberapa kendala. Salah satunya yakni terkait dengan beraneka ragamnya bisnis UKM yang ada di Indonesia.

“Kesulitan yang sering kami temui ialah proses bisnis UKM di Indonesia yang sangat beragam, bahkan dalam jenis bisnis yang sama, “ungkap Andhika.

Namun ketika ada suatu masalah, tentu dengan perjuangan keras kita bisa menemukan solusi dari duduk kasus tersebut. Demikian juga untuk duduk kasus yang dihadapi oleh Andika, pada waktu itu muncul ide untuk berkolaborasi dengan pengembang aplikasi yang ada di bandung.

“Baru pada sekitar 2015, saya pitching ide saya dan lalu bermitra dengan salah satu software house di Bandung untuk menyebarkan SaaS SCM (sistem inventori berbasis cloud) yang ditujukan untuk UKM,” jelasnya.

Keuntungan dari sistem SCM Saas ini adalah, penggunaan layanan berbasis cloud computing. Dengan begitu konsumen nantinya bisa memastikan keseimbangan barang yang masuk dan keluar hingga memastikan pengiriman barang kepada konsumen dengan sempurna waktu.

“gCloud merupakan sebuah sistem, yang secara otomatis ‘memahami’ bisnis Anda biar tumbuh menjadi lebih baik. gCloud sanggup menakar kapan Anda harus mulai restock barang kembali sebab stok menipis, kapan Anda harus menyetop supply ke gudang sebab persediaan masih tinggi. gCloud menyerupai sebuah mesin akuntansi otomatis, sehingga tidak perlu orang yang jago akuntansi untuk menggunakannya,” jelasnya secara rinci.

Baca juga: Meeber Pos Aplikasi Mobile Untuk Bantu Pemilik Usaha Kuliner Memanajemen Bisnisnya

Langkah ke depan yang ingin diraih oleh Andika untuk pengembangan gCloud ialah ingin mengemas ulang layanan tersebut biar bisa menjadi solusi terintergrasi untuk bisnis dalam implementasi sistem teknologi di perusahaan dengan mudah.

“Jadi nanti kami akan memiliki aneka macam aplikasi yang saling terintegrasi untuk membantu pengusaha dalam mengelola bisnisnya lebih gampang dan efisien,” ujarnya.



Sumber http://pusatgratisku.blogspot.com/